Ini Alasan Drama Korea bikin Baper para Fansnya!


Korea Selatan mungkin bisa dibilang sebagai negara penyedia hiburan berkualitas dan bikin kecanduan para fansnya. Seperti drama Korea yang susah banget dilupain meski udah selesai nonton, ya nggak sih?! Faktanya, tiap drama Korea yang udah selesai tayang kerap jadi berita dan perbincangan hangat di antara K-drama Fans. Apalagi kalau rating-nya bagus, wuih.. langsung deh virusnya nyebar dari satu mulut ke mulut lain. Walhasil orang lain ikut penasaran dan akhirnya ikut menonton!

Selesai nonton ternyata cerita tentang drama Korea ini belum habis. Satu per satu fans bakalan memberikan pendapatnya dan terungkaplah alasan mereka suka drama A, B, sampe C yang berujung pada ‘baper’. Bawa perasaan ini terjadi secara natural alias ngalir gitu aja karena katanya ada aja kisah menyedihkan dan membahagiakan yang diselipkan di dalam setiap cerita drama tersebut.
Sebenernya kalau diamati lebih jauh, yang bikin drakor suka bikin baper itu cukup sederhana banget, antara lain di bawah ini:



1.     OST yang sedih
Sebagian besar drakor yang mengambil genre di luar melodrama, romance, slice of life,  tetep aja ada kisah sedihnya. Entah itu berasal dari tokoh utama atau kedua, cerita yang menguras air mata selalu diiringi OST (Original Soundtrack) ballads dan mendayu-dayu. Nah, OST yang melow tersebut menjadi penjelas sekaligus penggambaran dari kisah dalam drama, makanya emosi kita bener-bener diaduk-aduk dalam satu waktu.  Seolah kita ikut merasakan apa yang dirasain pemainnya.

Tapi namanya sedih terus-terusan tentu nggak baik ya, jadi sebisa mungkin setelah nonton drakor nggak perlu ditonton lagi. Terutama saat galau jangan dengerin OST-nya karena bakal teringat sama drakornya lagi,  terus jadi baper lagi deh.

2.     Ungkapan dan Quote yang ada dalam drama
Ungkapan para pemeran maupun cameo dalam drama nggak bisa dianggep enteng begitu aja lho! Beberapa kata seperti “Kalau kau berani menyentuhnya seujung kuku saja, akan kupatahkan lehermu!” dan “Jangan sentuh dia atau akan kukirim kau ke neraka!” merupakan salah satu adegan favorit bagi K-drama fans yang sukses bikin mereka baper. Biasanya muncul saat si wanita sedang diancam oleh seorang pembunuh atau penculik dalam genre action maupun misteri. Kebayang nggak kalau kamu digituin sama pasangan sendiri? Wah, pasti bakal takut tapi juga meleleh dalam waktu bersamaan kali ya.

But, tentu aja hal-hal kayak gini nggak ada di dunia nyata karena kasus dalam drakor merupakan settingan yang sengaja dibikin biar penonton merasakan feel dari adegan yang ditonton. So, kalau kamu menemukan adegan seperti itu, ada baiknya yakinkan diri sendiri kalau drakor hanya dinikmati saja saat menontonnya, bukan dibawa apalagi ngarep dapet ucapan yang sama di dunia nyata.



3.     Ceritanya nggak jauh dari masalah sosial di Korea Selatan
Banyak drakor yang mengadopsi berbagai kisah nyata dari kehidupan sosial masyarakatnya sendiri. Seperti kasus industri hiburan yang penuh settingan, manipulasi kasus kejahatan, bunuh diri, skandal cinta, dan lain-lain kerap dijadikan drama guna menyentuh hati penonton.

Nggak terkecuali bagi kita yang dari Indonesia. Bahkan seakan-akan kita merasakan apa yang dirasakan oleh si tokoh dalam cerita itu. Makanya, mudah banget bikin baper karena kita akan mulai berpikir, ‘gimana rasanya jadi si tokoh itu. Nah, kalau cerita begini sih bisa jadi pengetahuan buat kita juga sekaligus ajang bersyukur kalau hidup ini nggak selamanya enak. Pasti ada suka dan dukanya.

4.     Romansa yang lebay tapi bikin nagih
Heran juga sih dengan genre romance di Korea yang agak lebay, tetapi jujur memang bikin para fansnya ketagihan. Seolah-olah tuh kalau diromantisin kayak adegan di Sensory Couple, I Miss You, DOTS, Strong Woman Do Boong Soon, dan lainnya pasti bakal bikin meleleh pasangan.

Namanya romance di drakor nggak sama seperti di dunia nyata, jadi pastikan kita selalu inget kalau romantis tidaklah harus dengan perlakuan yang sama.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »